Saturday, October 29, 2005

Rhum Ball


Dapat ide dari Balls of Joy-nya Mbak Riana, akhirnya aku mendaur ulang cake-cake 1/2 gagal ku yang udah ngendon semingguan di kulkas. Abis mau dibuang sayang, dimakan juga, kok cuma numpuk2in lemak tanpa rasa nikmat... Ahh... kenapa bisa lupa olahan seperti ini ya? Padahal dulu waktu ABG juga suka bikin Rhum Ball ini, tapi dari Marie Regal.
Rhum Ball ini aku olah dengan bahan seadanya. Caranya gampang banget, leftover cake (cake sisa, catatan:jangan yang udah basi/bulukan ya?)
diancurin, boleh dicincang atau pakai blender. Lalu campur dengan susu kental manis secukupnya, sebagai pelembab dan pengikat, agar adonan dapat dipulung. Masukkan Coklat bubuk dan Rhum sesuai selera. Setelah teraduk rata, pulung adonan menjadi bola-bola kecil. Setelah selesai, masukkan ke dalam kulkas 1-2 jam. Cairkan DCC, lalu celupkan bola-bola coklat ini. Bekukan sampai siap dihidangkan. Mau dikasih garnish? Gunakan Coklat Putih cair untuk memberi motif-motif cantik.
Catatan dari olahan ini: kalo ga doyan manis banget, boleh pake cream kental campur DCC cair, seperti resep Balls of Joy. Dan untuk yang tidak suka atau ragu menggunakan rhum, dapat dihilangkan. Enjoy it... For me, ini pelipur lara untuk kue yang gagal... hiks!


1 comment:

ndox-thygan said...

Very good idea, now I don't feel so bad about my kue bantat hehehe. Thank you very much Jeng. Ada kue bantat yg menunggu di kulkas saya udah 3 hari cuma saya plototin bingung mau diapain. Tadinya mikir dimakan sama ice cream aja deh (like brownies with ice cream gitu) Thanks again ya mbak.