Friday, September 02, 2005

Resep Anak Kost

Setelah berangkat merantau untuk kuliah, terpaksa dunia perdapuran harus ditinggalkan sementara, karena ‘base camp’ di rantauan belum memungkinkan untuk ‘diduduki’. Setelah dapat kost yang asyik di mana dapur-nya available buat dipakai dan tukang sayur lewat tiap hari, jadilah dapur itu ruangan favorite buat nongkrong, selain di kamar. Di sini lah aku nyobain resep-resep masakan (karena tidak memungkinkan untuk buat kue) tapi sekali-sekali aja, like Soto Ayam, Nasi Gurih Seafood, Bakwan Jagung, Kwetiauw Siram, Ayam/Udang Goreng Mentega, Chicken Wings, dan lain-lain. Tapi selain nyobain resep, ada juga ‘ngarang’ or modifikasi resep. Antara lain :

Fu Yong Hai Omelet Mie

“Mungkin omelet mie udah sering jadi resep andalan anak kost, sebagai modifikasi dari sekedar makan mie instant and telor. Tapi karena aku paling suka saus asam manis, maka jadilah resep ini, simple, kenyang dan ennnyaaakk…”

Bahan omelet :
1 bungkus mie instant
2 sendok makan corned
2 butir telur
Jika suka bisa ditambahkan irisan wortel dan bawang Bombay

Bahan saus :
Bawang Bombay (secukupnya, biasa sih aku ½ butir)
Bawang Putih
Saus Tomat (bisa ditambahkan saus sambal jika suka pedas)
Garam, gula dan cuka secukupnya
½ sendok teh Maizena, cairkan dengan sedikit air

Cara :
Rebus mie instant sampai lunak, tiriskan. Kocok lepas telur, masukkan 2/3 bungkus bumbu mie instant, disusul korned dan mie, aduk rata.
Dadar adonan dengan api kecil, balik hingga matang merata. Angkat, letakkan di piring saji.
Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga wangi, masukkan saus tomat (& saus sambal) tambahkan sedikit air supaya encer. Masukkan sisa bumbu mie instant, garam, gula dan cuka sesuai selera, aduk rata. Cicipi, jika sudah terasa pas, masukan larutan maizena, aduk hingga mendidih lagi. Angkat dan tuangkan ke atas Omelet Mie.

Enak disantap langsung atau dengan nasi hangat…

2 comments:

Unknown said...

thx buat resep nya mbak...
minggu ini saya cobanya :D

saya juga anak kost je..
kamar kecil cm pake kompor gas kecil :D
jadi cuma bisa bikin yang simple2..

bosan jg tiap hari makan warteg hahahaha

~s h i n t a~ said...

Hai Bek, hahaha... anak kost juga yah? Sebenarnya enak loh jadi anak kost'an, bisa masak free style, enak ga enak dimakan sendiri hihihi :) Met nyoba yah!