Monday, May 05, 2008

Triade Meatloaf Saus Inggris

Aku bingung mo kasih nama apa masakan ini... Sebenarnya yang terpikir waktu mo bikin adalah rollade, terus kok ya dapat ide di cetak di cetakan segitiga dan tengahnya di kasih telur rebus, lucu juga kali yaaa...
Mo bikinnya pun males nyari resep, jadinya berbekal keyakinan, asal campur aja deh... inget2 yang dulu pernah dibikin... Sekarang baru nyadar, ternyata kemarin itu bikinnya pake marie regal, harusnya resep Galantine ala Cie Ine huehehe... bukannya rollade...
Bikinnya sausnya juga, ngarang abis, untung jadinya enak... Abis bosen sih kalo bikin saus yang base saus tiram terus, karena itu kali ini bikinnya pake saus inggris...
Tapi sueer sampe kemarin bingung mo dikasih judul apa, makanya ga posting2, hihihi... (bo'ong ding emang lagi ga sempet aja)
Sementara kasih nama Triade Meatloaf Saus Inggris (boo..., namanya kaya gangster Hongkong) dulu yah, secara bentuknya segitiga. Yah resep kutulis ulang berdasarkan bahan dan step-step aku bikin ini kemarin... Hasilnya enaaaak bangeeets, buktinya Olan dan papanya nambah makannya *haru*...


TRIADE MEATLOAF SAUS INGGRIS
ala Dapur Amatir


Bahan:
300 gram daging giling (chicken, beef or pork)
5 keping biscuit marie regal, haluskan
1 butir telur
¼ sdt bubuk pala (nutmeg)
1 buah Maggie Chicken Block (1 sdt kaldu bubuk)
Garam dan Merica secukupnya
2 buah telur rebus, belah jadi dua

Cara :
Campurkan semua bahan di atas kecuali telur rebus, aduk rata. Siapkan loyang segitiga, alasi dengan aluminium foil dengan melebihkan 5 cm pada masing sisinya (sebagai penutup nantinya).
Ratakan sebagian adonan daging pada dasar loyang, susun telur rebus di atasnya, tutup lagi dengan sisa adonan daging, padatkan. Tutup dengan sisa aluminium foil. Kukus hingga matang selama 20 menit.
Keluarkan meatloaf dari cetakan, tunggu dingin sebentar, lalu goreng sampai sedikit kecoklatan. Potong-potong, sajikan bersama saus.

Bahan Saus :
3 sdm minyak goreng
½ butir bawang Bombay, iris memanjang
4 sdm kecap manis
1 sdt kecap inggris
1 cup air kaldu
Garam, merica dan bubuk pala (nutmeg) secukupnya
1 sdm tepung maizena, cairkan dengan sedikit air

Cara :
Tumis bawang Bombay hingga harum dan layu, masukan kecap manis, air kaldu dan kecap inggris. Tambahkan garam, merica dan bubuk pala sampai pas rasanya.
Kentalkan dengan maizena, biarkan mendidih, angkat, tuangkan ke atas potongan meatloaf.

2 comments:

Esther said...

Wihhhhhhhhhh, ini menarik sekali. Tapi ngga punya cetakan segitiga. Coba entar kapan2 nyoba bentuk sendiri deh.

eliza said...

biarpun galantine aja, tapi keliatannya menggiurkan banget Shin!