Tuesday, August 02, 2005

Kegagalan yang dahulu...

Aku ga inget kapan persisnya aku mulai interest masuk ke dapur, dan coba-coba resep. Tapi yang jelas waktu itu masih SMA, sekitar tahun 1993an lah. Gara-garanya, aku nemu kumpulan resep yang dikliping oleh Oma-ku, dan disimpan oleh Mama. Hahaha... dasar doyan makan, ngiler berat liatgambar-gambar masakan di kumpulan resep itu, makanya mulailah si nona muda ini terjun ke dapur, belajar dengan otodidak bermodalkan buku resep.
Resep-resep yang aku coba kebanyakan cake, cookies, pudding, roti. Most of them, GAGAL!!! Terus terang karena waktu itu uji resep-resep itu cuman iseng aja, jadi peralatan juga seadanya. Aku ga pernah pakai oven, baik yang tangkring maupun listrik, tapi pakai yang namanya Magic Pan, panci yang bisa difungsikan sebagai oven, kelihatannya tidak bisa maksimal. Tapi meskipun gagal, aku ga gampang nyerah loh, beberapa resep aku buat berulang-ulang kali.
Yang pernah aku buat antara lain :

Cake - mostly hasilnya bantet. Tangan ini seperti tidak dikaruniai kemampuan mengaduk adonan kue. Begitu tepung dimasukkan dan mulai diaduk, pasti turun. Hiks...

Cookies – Hmm… banyak juga macam-macam cookies yang udah aku coba buat, dari segi berhasil sih, at least itu cookies ga keras dan ga bikin mati anjing kalo dibuat nimpuk (asal jangan setoples, waaks…) But, aku belon pernah nyoba buat nastar and kastangels, karena untuk saat itu menurutku dua jenis cookies itu butuh keahlian tinggi. Paling sering aku buat Butter Cookies. Menyenangkan, apalagi pakai alat cetak yang mirip pompa hidrolik itu loh, dengan berbagai pola. Terus pernah juga buat Lidah Kucing, tapi setelah jadi kayanya lebih mirip Lidah Gorilla, karena bleber jadi gede-gede dan lembek, hahaha…

Soes – Ini salah satu kue kesukaanku, jadi aku pengen banget belajar buatnya. Akhirnya suatu hari dapet juga resepnya dari majalah. Malah waktu itu dapatnya resep Soes Goreng, wah? Langsung deh maju perang, hasilnya… ga bagus, tengahnya ga kering. Sempat 2-3 kali aku cobain resep Soes, apalagi waktu itu nonton Simply Irresistible, yang ceritanya Sarah “Buffy” bikin Soes siram Caramel, hm..hm.. simply irresistible. But that seemed not as simple as it looked L (Lagi buat postingan ini di Trans TV – acara Gula-Gula ada resep berbagai macam Soes, nonton dulu ahhh)

Puding – Sampai sekarang nih, kelemahanku masih di soal bikin pudding lapis. Every layer couldn’t sticks perfectly each other. Kalo terlalu beku, bener-bener ga bisa lengket, dan kalo belum terlalu beku, malah lapisan awalnya pecah lalu menyatu dengan lapisan ke dua, sebel. Tapi bikin pudding atau agar-agar memang paling asyik, kreasinya bisa bervariasi dan gampaaang banget… Bikin pudding busa juga aku udah lumayan bisa, the last time aku bikin Pudding Busa Mocca, enyaaaak… karena kerendam vla.

Roti – Wah, kalo yang ini aku baru nyoba sekali, hasilnya amburadul… Waktu itu nyoba bikin roti sobek, rotinya ngembang gede banget, tapi keraaaas…

Donat – Yang ini lumayan deh, 2-3 kali nyoba juga, berhasil dalam arti ga bantet/keras tapi rasa kurang gimanaaa gitu (apalagi dibandingin ama Dunkin, hiks, jauuuh) Cerita lucu dari pengalaman bikin donat, lagi bikin donat dan udah proses fermentasi, tiba-tiba teman lama dateng, akhirnya nemenin ngobrol ampe 1 jam lebih. Tamu pulang, ngintip si donat, udah ngembang ga karuan, hiks, dan akhirnya berakhir bantet di penggorengan…

Macaroni Schootel – Rasanya pengen nyerah aja untuk yang satu ini, udah berapa kali nyoba ga satupun berhasil. Maybe because the oven. Tapi aku mau nyoba lagi ah setelah beli oven, apalagi udah dapet resep dari DB.

Martabak Manis/Bangka – ini kue bikin penasaran abis. Soalnya aku doyan banget (coklat dan keju-nya itu loooh). Tapi kok ga bisa jadi ya??? Ga bisa kaya yang di jual itu loh, well mungkin pengaruh peralatannya juga.

3 comments:

bayihamka said...

hihihi...sama deh ama aku...ceritanya mirip2...tp sekarang kan udah bisa....masak ..bagus2 kok masakannya ..suami bahagia donk..saya jg sekarang udah bisa masak gara2 coba2 dan liat dapur bunda sama dapur amatir ini...thanks buat inspirasinya:)mampir donk ke blognya anakku http://bayihamka.blogspot.com

Venny Chang said...

hehehhehe.. Shinta!
Ceritanya "GUE" banget. g jg dari dulu suka mengkoleksi resep n gambar2 makanan, :-), emg g jg doyan makan, makanya cb deh di praktekin dari majalah ahasil... " GATOT" n bermodalkan Magic pan itu juga, hehehe..tdk nyangka hari ini Shinta uda bisa modif n ngedecorate kue dengan sukses :-)Moga2 g jg bisa ketularan kerajinan n kepintarannya yah Shin!!!!

~s h i n t a~ said...

Waaah, baru liat ada posting comment :P Mama Hamka maaf ya, sekian lama comment baru dibaca, saya udah mampir ke blognya Hamka.
Ya Venny, aku juga banyak belajar dari temen2 lain, lewat blog mereka juga, jadi ya mudah2an blog ini juga memberi manfaat buat temen2 juga.