Thursday, March 01, 2007

Butter Cake Dasar


Tempo hari di milis ada yang nanya soal Cinnamon Cake a.k.a Butter Cake resep Mbak Fatmah, terus aku reply dengan attach foto ini. Diliat-liat fotonya cantik juga.... idiiih narsiiis... Hehehe, sekalian ngelanjutin PR postingan, habis bikin ini itu, difoto-foto, tapi ga dipost.
Resep Butter Cake ini enak banget, cocok buat bikin cupcake (tanya Yuli Cupcake deh, andelannya dia nih). Untuk jadi Cinnamon Cake, tinggal taburi atas cake yang sudah matang dengan bubuk Kayumanis dan gula halus. Variasi lain, tabur chocolate chips ke atas cake sebelum dipanggang.

BUTTER CAKE DASAR
Resep Mbak Fatmah - NCC

Bahan:
120 gr mentega
½ sdt vanili
250 gr gula pasir
2 btr telur
200 gr tepung terigu
1 sdt BP
150 ml susu segar

Bahan pelengkap:
- gula bubuk dan bubuk kayu manis

Cara membuat:
- kocok mentega, gula, vanili hingga mengembang dan pucat, masukkan telur, kocok lagi hingga tercampur rata dan mengembang.
- Masukkan tepung dan susu secara bergantian, sambil diaduk hingga rata.
- Oven hingga matang (lk. 30 menit untuk loyang bulat 20cm)
- Angkat, dinginkan.
- Taburi dengan gula bubuk yang dicampur bubuk kayu manis
- Potong-potong.

Catatan : Jika bikinnya pakai loyang, sangat disarankan untuk memakai loyang yang tingginya 4 cm. Tujuannya agar panas oven merata keatas permukaan cake, dan cake bisa matang sempurna.

1 comment:

vivi15 said...

emang apa sih tandanya gula sama menteganya pucat dan mengembang, kok waktu aku coba ngga ada perubahan gitu kayaknya....trus akhirnya jadinya malah seperti bantat gitu...

mohon bantuannya...THX