Tuesday, April 24, 2007

Bolu Kukus

Bikin bolu kukus bukan baru sekali ini, udah beberapa kali. Tiga kali berhasil, gagalnya.... berapa ya... tiga juga kayanya...
Dulu nyobain resep dari Majalah Sedap Sekejap, terus resep dari kemasa Kara yang dipost di NCC, sekarang nyobain resep Bolu Kukus 10 Menit dari Mbak Fat yang ngetop dari dulu. Anti gagal deh pokoknya. Emang bener tuh...
Kuncinya setiap nyobain resep, ikutin petunjuk resep baik-baik baik bahan yang diminta atau proses buatnya. Resep ini membuktikan, bolu kukus tidak harus pakai air soda untuk rahasia kemekarannya.

BOLU KUKUS
Resep : Fatmah Bahalwan
Catatan tambahan : Dapur Amatir

Bahan:
450 gr gula pasir
500 gr tepung terigu (ditambah dengan 1 sdt baking powder double acting)
4 btr telur
1 sdm emulsifer
1 sdt essence pisang
300 ml santan/air/susu cair
1 sdt pasta coklat
2 sdm meises

Cara:
Kocok semua bahan 10 menit (untuk penggunaan handmixer yang kapasitasnya tidak besar, kocok gula dan telur dulu sampai kental dan putih, baru masukan tepung dan santan/bahan cair bergantian, kocok terus sampai 10 menit)
Ambil sedikit adonan, beri pasta coklat, aduk rata.
Tuangkan meises ke sisa adonan putih, aduk rata.
Tuang adonan putih di cetakan yang telah dilapisi kertas, beri sedikit adonan coklat, kukus selama 10 menit dalam dandang yang sudah dipanaskan sebelumnya.

Catatan :
Bungkus tutup kukusan dengan serbet, agar air tidak menetes ke kue.
Uap panas dalam kukusan harus sudah cukup banyak sebelum kue dimasukkan. Mulai panaskan dandang saat mengocok adonan.
Air kukusan jangan terlalu tinggi, agar tidak mengenai kue, sehingga menyebabkan penciutan/bantet di bagian bawah.

Bolu kukus jaman dulu... (gak dulu banget sih, taun lalu lah)

9 comments:

Larisa said...

Hai Shinta...bagus banget bolu kukusnya! Aku mau tanya dong, kan pas ngukus sedikit2...itu adonan bolu kukusnya yang masih di mixing bowl engga apa2 yah didiemin gitu aja? Soalnya kok keliatannya pas pertama ngukus jadi...terus tambah ke belakang ngukusnya beda lagi mekarnya. Kenapa yah?
Ma kasih sebelumnya!

siuut said...

mba shinta..
thanks resep bolu kukusnya ya..ini resep ke 4 yg saya coba..sebelum2nya gagal mulu.. dan resep mba shinta memang resep anti gagal,,hehehe.. saya cowo.. di usa..udah lama bgt ga nyoba bolu kukus sampe mmpi2..akhirnya bisa juga nyobain bolu kukus enak..makasih ya mba

deasy said...

masih mending cuman 3-4 kali gagal,aku ampe 5 kali jatuh bangun,hehehe. Berhubung anakku suka bgt ama bolu kukus (bayangin aja biar bantet2 bisa 3 biji sekali makan)jadi aku pantang menyerah dan baru berhasil stlah 6 kali bikin.

ati said...

mba Shinta ... thanks banget untuk resep bolu kukusnya. Resepnya yahud banget emang anti gagal. saya nyoba baru pertama kali ini, terus jadi ...banyaaaaak lagi .... sampe bisa bagi-bagi ke tetangga.

yola said...

gua buat gagal yaaaaa.....hiksss....ga mekar gitu bul kukusnya....knp ya??

Dearni Irene said...

Hi Mbak Shinta, salam kenal dari Dea :) saya sering banget liat2 blognya mbak dan nyoba2 resepnya eheheheh..
untuk bolu kukus ini, ini udah sering banget saya coba (dooh baru bilang sekarang :P) dan selalu berhasil.. dan bolu kukusnya sudah membuat teman2 di sg senang karena dah lama ga liat bolu kukus :)
mbak, aku boleh ya posting dan link di blog-ku.. makasih ya mbak :D

Lia Hidajat said...

Salam kenal Mbak, Sy Lia. mau tanya nih.. apa cetakan bolkus bisa dipake utk bikin cupcake? thx atas infonya

Krisna said...

maap...mau tanya nih..emulsifer itu apa yah? dan bentuknya bubuk ato cair? maklum..ngk terlalu kenal dunia kuwe2an...tapi niat pengen belajar...

Toko Online Kalistajaya said...

wah mantap..