Monday, June 18, 2007

Japanese Cheese Cake


JAPANESE STYLE CHEESECAKE
Sumber : 35 Variasi Resep-resep Cheesecake by Yasaboga

Campur dan Ayak:
50 gr tepung terigu
50 gr tepung maizena

Bahan:
60 gr mentega tawar
250 gr cream cheese, biarkan pada suhu ruang
120 ml whip cream
3 kuning telur
1 butir telur
5 putih telur
2 sdt parutan kulit jeruk lemon
1/8 sdt garam
125 gr gula pasir halus
1 sdt air jeruk lemon

Topping: (Aku ga pake, udah enak sih)
2 sdm selai apricot)
2 sdm air

Cara Membuatnya:
Siapkan loyang, alasi kertas roti, olesi mentega.
Pasang oven 150 derajat
Celsius, masukkan alas loyang yang diisi air.
Campur mentega, cream cheese dan whip cream dalam wadah. Didihkan dengan api kecil, aduk hingga lembut, angkat dari api.
Masukkan campuran tepung, aduk rata. Masukkan kuning telur, aduk rata.
Masukkan kulit jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
Kocok putih telur hingga berbusa, masukkan gula dan air jeruk lemon sedikit demi sedikit sambil terus dikocok sampai terbentuk kerucut-kerucut tumpul (soft peak).
Tuang 1/3 adonan putih telur ke adonan cream cheese, aduk rata. Tuang campuran ini ke sisa adonan putih telur, aduk rata. Tuang adonan ke loyang, panggang dengan cara au bain marie, kurang lebih 75 menit sampai permukaan matang, kuning keemasan. Keluarkan dari oven.
Setelah benar-benar dingin, lepaskan cake dari loyang. Panaskan apricot glaze dan air, oleskan ke permukaan cheesecake.

Catatan : (sumber mbak Yeni Hoki & Widya Hidayat-NCC)
Jika menggunakan loyang oval, 1 resep ini jadinya 2 loyang JCC.
Gunakan telur ukuran kecil/sedang.

5 comments:

aisha said...

mbak aku udah coba resep JCC nya , rasanya enak pol dech, sampe suamiku ndak makan nasi satuhari ini, hanya khusus makan cake ini, padahal biasanya yayangku ndak pernah lupa dng makanan pokok nasinya setiap hari. Cuma memang dalamnya ndak bisa kering githu ya mbak, padahal udah panggang extratime, jadi agak basah sethithik githu. tapi yg penting sich aku udah puas dng rasanya.
ada satu lagi nich mbak shinta, aku sekarang di oman, middle east terpencil, dan aku tu kangen banget pol sama donat Jco, sebenernya aku dah dapet beberapa resep donat Jco dari browsing di internet..tapi kok donatnya tetep jadi gendut gendut gitu ya...aku tuh pengennya kaya yg digambar embak, agak penyet dan keliatannya empuk tuh...boleh minta resep donat Jco nya ndak mbak, dan tip tipnya supaya donatnya bisa agak penyet githu. Pernah waktu itu ngediaminnya cuma sebentar,supaya ndak terlalu ngembang dan ndak keliatan penyet, eh jadinya tetep keras, dan tidak empuk kaya Jco punya... thanks a lot ya mbak

~s h i n t a~ said...

Dear Aisha, senang deh kalo udah nyobain resep dan berhasil ya? Coba evaluasi bahan yang dipakai. Soalnya yg aku buat kali ini aku nurut banget sama resep, jadinya perfect. Dulu aku pernah ganti whipped cream dengan susu cair, hasilnya basah jg.
Untuk donat ala JCo, disini ada kok resepnya, coba cari arsip sekitar Des 06 kalo tidak salah. Tips donat ada di arsip Feb 07. Untuk dapetin hasil yang pipih itu, adonan digiles setebal 1 cm, lalu dicetak dengan donat cutter. Lalu diamkan 10 menit terus goreng deh :) Dengan resep yg aku post disini, bisa dijamin, donatnya lumayan mendekati JCo. Coba dicari ya arsipnya, terus cobain, kalo ada kesulitan, boleh tanya lagi kok :)

~s h i n t a~ said...

Barusan ada yg email aku nanya soal JCC yang basah juga, setelah aku ingat2, aku menggunakan suhu oven yang tinggi dan api bawah saja untuk 50 menit pertama, setelah itu baru nyalakan api atas dan menurunkan suhu sesuai resep. Ini kuncinya biar JCC tidak basah. Sudah ada yang membuktikan, betul kang Aphing ;)

Mela said...

Shinta..minta ijin yah..aku copy resep JCC nya ya..kapan2 mau nyoba. Keliatan nikmat..aku juga minta ijin pasang alamat blog mu di blog ku yah..

Thank you..

Pamela Ariani said...

Ce Shinta...aku udah buat JCC nya..enakk..berhasil..hehe..seneng banget!!

Thanks ya ce buat info dan resep nya..tapi dalem nya agak basah, apa karena dalem loyang nya aku lapisi aluminium foil ya??Jadi panas nya g masuk..

Besok mau nyoba lagi..Thanks ya ce!!