Monday, November 26, 2007

Some Tips on JCC


Dua kali belakangan ini aku baking JCC kurang berhasil dengan baik :( Padahal dah megang tips sukses dan sempet share ke beberapa temen, yang akhirnya kemudian juga berhasil bikin JCC.
Terus jadi inget deh, daripada posting hasilnya disini tapi tulisan yang tidak berguna hehehe, jadi sekalian posting tips ala Shinta buat bikin JCC itu deh... Tips ini juga boleh dapet dari tukeran info dan pengalaman temen2 lain di milis. Simak baik-baik ya, biar ga kejadian JCC bantet atau berkerut kaya contoh gambar disini :P

1. Gunakan bahan-bahan yang segar. Untuk telur gunakan yang ukuran kecil. Jangan ganti whipped cream dengan susu biasa, dijamin JCC-nya bisa basah.
2. Suggest-ku, lebih baik gunakan cream cheese Philly buat rasa yang nendang, atau Riverina untuk rasa yang cukup nendang tapi harga masih lumayan terjangkau. Selain itu, kedua merk cream cheese ini produknya lebih solid, jadi akan menghasilkan JCC yang firm (kokoh). Jika bersikukuh pakai ligt cream cheese merk Yummy yang cenderung lebih encer, tambahkan kurang lebih 3 sdm tepung terigu lagi dalam takaran tepung.
3. Jangan gunakan air terlalu banyak untuk au bain marie-nya, akan memperlama matangnya JCC. Masukan air setinggi kurang lebih 1 cm di loyang alas saat memanaskan oven.
4. Cek loyang alas, pastikan tidak bocor.
5. Untuk pengguna oven listrik : tips khusus dari aku nih, secara aku pakenya oven listrik juga :) Panaskan oven dengan suhu setinggi2nya (hehehe), lalu saat memasukan loyang JCC, gunakan api bawah saja untuk pemanggangan sampai 60 menit dengan suhu 200 derajat (sesuai tombol indikator oven), lalu gunakan api atas bawah dengan suhu 150 derajat. Pada tahap ini, jangan ditinggal-tinggal ovennya, bila permukaan JCC sudah cukup coklat sebelum habis jatah waktu pemanggangan, tutup permukaan dengan aluminium foil, lanjutkan pemanggangan.
6. Patuhi waktu pemanggangan untuk hasil JCC yang benar-benar matang. Jangan tertipu penampilan luar yang sudah kelihatan matang. Sebelum 70 menit, yakin deh, dalam JCC masih basah2 gitu...
7. Begitu matang, segera keluarkan JCC dari loyang. Dinginkan diatas rak kawat yang agak rapat.

Hmmm... kayanya segitu dulu deh tips-nya...

No comments: