Wednesday, January 23, 2008

Cotton Cake Ketan Hitam

Lagi trend yah si cotton cake ini, booming di milis, di majalah... Teknik pembuatannya beda banget dengan pembuatan sponge biasa, tapi hasilnya lembuuuut banget. Familiar dengan JCC, fasih bikin JCC? Kalo gitu jangan takut buat nyoba resep-resep saudara JCC ini... Apalagi sekarang harga tepung mahal, penggunaan tepung di resep cotton cake cenderung sedikit. Tapi.... telurnya, seabreg-abreg hahahaha... sama aja yah... Satu resep bisa pake telur hampir satu kilo sendiri... Cotton Cake si lembut sumber kolestrol hihihi...
Berikut Resep yang aku tulis ulang dan ditambah catatan dari aku, karena ternyata resep ini cukup ngaco instruksinya, terutama soal loyang!

Cotton Cake Ketan Hitam
Sumber : Majalah Sedap edisi Jan 2008

Bahan :
80 gram mentega tawar
50 gram tepung ketan hitam
50 gram tepung terigu
1 butir telur, dikocok lepas
150 gram kuning telur, dikocok lepas
100 ml santan (dari 50 ml santan instan dan 50 ml air)
250 gram putih telur
1/2 sdt cream of tartar
1/4 sdt garam
160 gram gula pasir halus

Cara :
Lelehkan mentega sampai mencair, angkat dari api.
Masukkan tepung ketan hitam dan tepung terigu yang sudah diayak bersama, aduk sampai kalis.
Panaskan santan asal hangat saja. Tuang ke dalam kuning telur (dan 1 butir telur) yang sudah dikocok lepas, aduk rata.
Tuang adonan santan dan telur ke dalam adonan tepung dan mentega sedikit demi sedikit sambil di aduk rata.
Kocok putih telur, garam dan cream of tartar hingga berbusa, masukkan gula pasir sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga adonan mencapai tahap soft peak.
Campurkan adonan tepung ke dalam adonan putih telur, aduk perlahan-lahan hingga rata. Pada tahap ini aku pakai metodeku sendiri, yaitu campur dulu beberapa bagian putih telur kedalam adonan tepung sebagai pancingan, aduk rata, baru dicampur ke kocokan putih telur.
Tuang ke 2 loyang ukuran 24 cm tinggi 4 cm yang di alas kertas roti tanpa di oles margarine/mentega. Panggang secara steam bath/au bain marie selama 45 menit dengan suhu 160 derajat celcius.



Dari segi rasa, jangan terlalu berharap cake ini selegit chiffon ketan hitam atau bolu kukus ketan hitam, karena penggunaan ketang hitamnya sendiri memang tidak banyak. Cukup BT nyobain resep ini, secara aku ga mengira telurnya banyak banget. Di resep asli tertulis tuang ke loyang ukuran 24 cm tinggi 4 saja, tidak menyebutkan jumlah loyang (resep lain disebutin kalo pake lebih dari 1 loyang). Jadi aku nyiapin satu loyang aja, akhirnya setelah campuran terakhir, terpaksa buru2 nyiapin loyang lagi, yang menyebabkan adonan sempet misah tuh... aaargh... Untung ga gagal2 amat... yang loyang ke dua ada lapisan karet jadinya, akibat dari adonan misah itu :( Majalah Sedap, lain kali ngasih resep ati-ati yah...

6 comments:

yohana said...

oohh...ternyata 2 loyang toh....emang tuh, majalah sedap kadang2 sering ngaco diurusan resep. duluuu banget jaman masih culun, belum bisa mengidikasikan resep ngaco, sering gagal kalo pake resep dari majalah ini. kalo sekarang dah bisa ngira2 tingkat keakuratan resep sedap sebelum bikin, hehehhehe....
(sepupu aku sampai sekarang masih ngeri kalo aku suruh beli sedap, hehehhehe secara dia paling sering gagal bikiin pake resep sedap)

Yoke said...

hi Shinta
i came across ur blog & find this cake interesting. could u pls translate it into English & email to me or post it in ur blog? thanx!

~s h i n t a~ said...

@Yohana : Iya sih, kalo resep standar cake, mungkin masih bisa kira2... hehhehe

@Yoke : can I have your email address? Email me at olan.mom@gmail.com. I'll sent you the translate recipe.

rickdog said...

greetings!
I'm also very interested in a translated version of the cake recipe. I'm rick at rickaccounts@gmail.com.

Thank you very much!
I'll report back to you on my success.

Cherry said...

Mbaaaakk... aku boleh nyontek resep yaaaaa.....

lIVe tO bAkE said...

Hi, can u also send me the translated recep for cotton cake ketan hitam, my email address: tannalot269@gmail.com thanks!