Wednesday, February 21, 2007

Apple Muffins

Another delayed posting (08-11-2006) :
Dalam rangka memberdayakan sisa apel yang tinggal 1 biji dari bahan apple pie yang diposting di milis, aku lagi pengen bikin muffins lagi. Liat2 di buku resep 500 Fabulous Cake and Bake, dapet resep judulnya : Cranberry & Apple Muffin, well, ga ada cranberry tapi nekad aja lah, habis dari bahan2 yang lain, kelihatannya menggiurkan. Jadi ini resep hasil modifikasinya. Hasilnya... enakkkk banget. Muffins yang moist dan kaya rasa karena paduan dari apple, kenari dan bumbu rempah.

Apple Muffin
Modifikasi : Dapur Amatir

Bahan :
150 gram tepung terigu
1 butir telur
50 gram butter, cairkan
90 gram gula pasir
120 ml air jeruk
parutan kulit jeruk (dari 1 buah jeruk)
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder
1/2 sdt soda kue
1 sdt kayu manis bubuk
1/2 sdt bumbu spekuk (aslinya pake nutmeg, ginger powder, berhubung ga ada, jadi ganti ini)
1-2 buah apel (yang di resep disebut eating apple, tapi aku pake granny smith/apel hijau dan cuma 1 buah) 50 gram kenari (bisa walnuts atau pecan, lupa deh di resep aslinya pakai
apa)


Cara bikin :
Panaskan oven dengan suhu 180 derajat celcius Kupas apel, lalu cincang kasar/potong dadu 1x1 Kocok lepas telur dalam mangkok, masukan mentega cair, aduk rata, lalu masukan kulit jeruk parut, air jeruk dan gula, aduk rata.
Ayak tepung terigu, baking powder, soda kue, bumbu spekuk dan bubuk kayu manis dalam mangkok lain, masukan garam, aduk rata. Buat cekungan di tengah adonan kering tersebut, lalu tuangkan adonan telur, aduk sekedar rata (jangan terlalu lama mengaduk) Masukan cincangan apel dan kenari, aduk lagi sebentar agar sekedar merata.
Sendokkan adonan kedalam cetakan muffin hingga 3/4 penuhnya, panggang 25-30 menit hingga matang.


Tips memanggang : panggang muffins dengan suhu 180 derajat 15-20 menit pertama, lalu turunkan suhu oven hingga 160 derajat sampai muffin benar-benar matang.

No comments: