Wednesday, February 21, 2007

Tiramisu Kukus Ekonomis


Hahaha... beginilah kalo praktek terus tapi ga sempet mosting. Tiramisu Kukus ini heboh dibicarain di milis sekitar April-Mei 2006 lalu, terus aku dapet resepnya yang gampang, abis bikin lapor di milis, tapi ga di blog sendiri, ck..ck..ck... Aku copy aja deh dari email milis, abis waktu itu malah ga punya catatan resepnya.

Ini hasil eksperimenku setelah baca sekilas resep Tiramisu Kukus di Tabloid Saji. Karena tabloidnya boleh minjem baca ditempat, akhirnya resepnya aku hafalin kilat aja. Terus besok malamnya baru dipraktekin, hasilnya...memuaskan. Resep udah modifikasi dan ini adalah 1/2 resep dari yang aslinya, karena ternyata ga afal pleng juga. Aku pake loyang oval. Soal rasa, jangan terlalu ngarep kaya tiramisu beneran or kaya di Preanger yaa...
Namanya juga Tiramisu Kukus Ekonomis. Secara tekstur, kue ini lembutttt...banget...
Tiramisu Kukus
(modifikasi dari Tabloid Saji)

Bahan :
4 butir telur
100 gram tepung terigu protein rendah
75 gram gula pasir (yang suka manis boleh ditambah jadi 100 gram)
1 sdt ovalet (emulsifier)
100 ml minyak sayur
1 sdm kopi instant yang dilarutkan dengan 50 ml air hangat
2 sdm rhum (jika suka), ini untuk menghilangkan bau amis telur, jika tidak pakai bisa diganti vanili atau essence rhum coklat beras/meises/parutan DCC secukupnya

Cara:
1. Panaskan kukusan, alasi/bungkus tutup kukusan dengan kain serbet.
2. Kocok telur, gula dan ovalet sampai mengembang dan kental berjejak. Jika pakai rhum, masukan rhum pada tahap ini.
3. Masukkan tepung terigu dengan diayak, aduk rata.
4. Masukkan minyak sayur, aduk hingga rata.
5. Tuang setengah bagian adonan ke loyang yang sudah diolesi margarine, kukus 15 menit.
6. Sementara itu, masukan larutan kopi ke setengah bagian adonan sisa, aduk rata.
6. Taburkan meises/parutan DCC ke atas kukusan pertama, lalu tuang sisa adonan yang sudah diberi kopi, kukus lagi 20 menit.
7. Lakukan tes tusuk untuk uji kematangan, jika OK, angkat, keluarkan kue dari loyang, potong-potong, sajikan... Hmmm

1 comment:

computer and technology "data recovery" said...

wah muantab... gw perna nyoba juga tiramsu kukus dapet oleh" dari bandung tiramisu kukus radja kalo ga salah... mak'nyos rasanya... jadi pngen lagi heuheu......