Tuesday, July 31, 2007

Lovely Petit Fours

What's this? Praline? Noo.... ini super duper Petit Four... Karena bentuknya bener-bener keciiil n mini... imut pokoknya, sekali plop... ilang dimulut. Rasanya lembut, karena dalamnya pakai bolu dengan banyak kuning telur. So, bisa dibayangin, lots of yolks, chocolate, sweets... hmmm How many calories and fat will stuck to you by having this beautiful treats... hmmmm.... Makanya bikin kecil2 ajah yah. Oh ya, ini potluck yang aku bawa buat acara NCC Jakbar Gathering hari Minggu, 29 Juli 2007 kemarin. Cerita acaranya, udah di posting di MP-nya NCC Jakbar...

PETIT FOURS
Sumber : VCD Kreasi Coklat bersama Yongki Gunawan vol.3
Modifikasi : Shinta-Dapur Amatir

Bahan cake :
Bahan A :
10 butir kuning telur
5 butir putih telur
80 gram tepung terigu
15 gram gula halus
15 gram maizena
15 gram susu bubuk
10 gram emulsifier
1 sdm pasta coklat/rhum bakar (sesuai selera)

Bahan B :
50 gram margarine
50 gram butter
1 sdm susu kental manis

Cara :
Kocok kuning & putih telur bersama gula halus dan emulsifier sampai mengembang dan putih kental. Masukkan tepung terigu, maizena dan susu bubuk dengan cara diayak, aduk rata. Masukan mentega dan margarine cair ditambah susu kental manis, aduk rata lagi.
Tuang ke loyang 30x30x3 cm yang sudah dioles margarine dan di alas kertas. Panggang hingga matang.
Keluarkan dari loyang, buang alas kertas, dinginkan sebentar. Semprot dengan simple syrup atau rhum semprot (inget ya semprot bukan disiram, jangan sampai terlalu lembab), kemudian olesi dengan selai/palleta sesuai selera.
Belah cake secara vertikal menjadi dua, supaya gulungan tidak terlalu besar. Letakan diatas kertas roti, lakukan penggulungan & padatkan. Masih dengan terbungkus kertas roti, simpan roll cake dalam kulkas minimal 1 jam.

Proses Coating dan Garnishing
Bahan :
300 gram Dark Cooking Chocolate, cairkan, letakan dalam mangkok.
150 gram White Cooking Chocolate, cairkan, bagi-bagi dan beri warna sesuai selera, masukan dalam plastik segitiga (atau praktisnya gunakan Cooking Chocolate yang sudah berwarna dan ada rasanya)

Cara :
Potong-potong roll cake yang masih dingin dengan ketebalan kurang lebih 1 cm. Celupkan pada DCC cair dengan menyisakan satu roll untuk bagian bawahnya. Letakan di atas tray. Lakukan seterusnya sampai habis.
Hias Roll Cake yang sudah di coating dengan coklat warna-warni, DCC serut, spikel, anything... just put colors to them...

5 comments:

Unknown said...

wah seru mbak, ini buatnya pake apaan ya?? kayaknya aku pengen bikin buat bekel anakku sekolah, mbak di email ya resep dan caranya ke mahadewi.queela@gmail.com terima kasih

Ratih said...

cakeep... sangat menggoda!
dan pasti enyaak, slruup.. :)

lily said...

mbak bahan b masuknya kapan ya??

~s h i n t a~ said...

Waaah, sorry, ketinggalan yah. Udah diralat tuh. Thank you Lily for the correction...

Unknown said...

wow such cute n delicate petit fours . Which part do u find most hassle to make as i would like to try baking this soon.
Shinta do u know of any great cupcakes decorating books in any of the jakarta bookstore.

thanks rgds