Friday, October 19, 2007

Jualan Lebaran : Classic Spongecake

Lanjut cerita 'banting stir' jualan Lebaran ya...
Jadi gini, ditengah-tengah baking blues mendadak di saat yang tidak seharusnya, tiba-tiba aku inget kalo mertua-ku sering jualin cake tabur coklat dan keju yang keliatannya yummy banget. Hubby yang lagi jadi marketing manager selama libur hari raya di toko mertua juga dah ribut terus : Ayo bikin kue dong, stock kue di mama dah abis nih...

Akhirnya di pagi hari Lebaran ke-2, aku bikin sponge cake dan nyoba dipanggang di otang-ku yang belum pernah dibuat manggang spongecake. Eh hasilnya OK loh... cuman bagian atasnya susah kering. Langsung deh kasih toping BC dan tabur meises yang buanyaaaak. Yummy...
Waktu manggang batch ke-2, bencana happened! Gas abis... huaaa... kalo buat tukang kue, ini kejadian horor lah... mana adonan terlanjur dimasukin di oven. Duh, untung masih punya si otrik (oven listrik hehehe...) yang langsung di colok dan dipanasin.

Deg..deg..plass... nungguin otrik panas sambil melototin loyang dalam otang. Si otang masih berasa panas, tapi aku ga tau is it good situation or not? Waktu otrik dah anget2, aku buru-buru pindahin si loyang adonan, h2c deh...
Fiuhh... untung segala kecemasan tidak terbukti. Takut banget bantet... Tapi hasilnya malah perfect banget, karena otrik kan panasnya rata atas bawah.

Begitu dapet gas (untung Indomaret dah buka), lanjut lagi. Dan hasilnya ketika si oven panasnya dah stabil makin lama makin bagus.
Pagi itu nganter 2 loyang aja ke toko mertua, eh... baru juga hubby nyampe di sana berapa menit, terus telpon aku yang baru mau leyeh2...

Bikin lagi dong! Dah laku nih...
Heh?

Ya sudah, sampai sore hari itu dapurku menelurkan total 10 loyang spongecake ini, baik vanilli dan coklat... Keabisan telor, keabisan meises, diimpor ama hubby dari medan perang (toko mertua) hehehe... Temperatur di dapur udah menyamain panasnya oven kali tuh pas siangnya... Capee banget hari itu, tapi seneng... Lucunya, pas terakhir dah lemes kali ya kepanasan, eh satu loyang bantet. Ga tau kenapa. Akhirnya tetap aku kasih meises, abis itu potong2 makan sendiri... enaak... hehehe.... Jadi inget, jaman kecil dulu juga suka ngiler berat liat cake potong yang banjir meises... Makanya aku kasih nama ini Classic Spongecake

1 comment:

eliza said...

shin..cake elo rapih2 jadinya. enak jg kalo ada toko mertua yg bisa buat jualan ya. bikinin gue satu deh brokusnya :D