Friday, April 18, 2008

Udon Goreng Seafood ala me...

Minggu lalu aku rajin banget (weee... kok muji diri sendiri) masak buat Olan... Setelah termotivasi gara-gara dia ngabisin masakan Tofu kemarinnya, hari Minggu pagi aku nyoba masak udon.
Asalnya ini udon instan yang dibeli dari waktu Olan sakit tempo hari, secara waktu itu dia ga mau banget makan apapun, jadi nyoba2 ngasih udon yang dicemplungin ke sup Miso. Olan doyan banget ama udon, well, sebenarnya segala macem mie dan temen2nya dia doyan lah... Udon instan yang kebeli kali ini ternyata bumbunya spicy, makanya akhirnya diolah dengan cara lain deh, dan kali ini aku nyoba aja gimana kalo digoreng. Resepnya boleh cemplang-cemplung aja, tapi ternyata jadinya enaaak banget... wakaka...
Ini resep untuk porsi 1 orang yah, karena waktu bikinnya kaya gitu. Udon bisa diperoleh di bagian mie2 dan kulit pangsit di supermarket.

UDON GORENG SEAFOOD ALA DAPUR AMATIR

Bahan :
1 porsi udon
1 siung bawang putih, geprek
1 butir telur
50 gram fillet ikan john dory (keren banget namanya), potong kotak2
3 butir bakso udang (shrimp ball), iris jadi 3 bagian
2 buah crabstick, iris-iris 1 cm
1 sdm kecap manis
1 sdt maggie seasoning (atau kecap asin biasa)
1 sdt saos tiram
1/2 maggie kaldu block
Garam dan merica secukupnya
Air secukupnya

Cara :
Tumis bawang putih dengan sedikit minyak hingga wangi. Masukkan irisan ikan dan bakso udang dan crabstick, tumis sampai ikan berubah warna. Masukkan telur, orak arik sebentar jangan sampai terlalu kering, masukkan udon. Tuangkan sedikit air (1/4 gelas), tambahkan kecap manis, kecap asin/Maggie Seasoning, kaldu block, saos tiram. Aduk rata, cicipi, tambahkan garam dan merica seperlunya. Biarkan air mengering, matikan api, angkat, sajikan.

Feel free to modified with any other ingredients, add some veggies... hmmm delicious...

4 comments:

Sheila said...

Shin, udon tuh apaan? Kayak semacem mie/ pasta ya? Tapi kok udah ada bumbunya?

~s h i n t a~ said...

Udon itu salah satu mie Jepang Sheila... bahannya sih kayanya sama kaya kwetiaw (cmiiw), hanya dia tidak pipih. Selain dijual udonnya aja (lokal), ada versi instantnya (impor Jepang), walau dalam versi instant si udon tetap berbentuk lembek, tinggal direbus sebentar, tambah bumbu, sikaat!... Hehehe Biasa dijual di SPM Jepang or SPM yang jual produk2 impor sih kalo disini... Aduh orang Jepang itu canggih2 deh, Miso dah ada yang instant, Udon juga... jadi gampang mo makan2nya

Esther said...

Shin, Arman abis liat ini langsung ngiler. Gua 'curi' deh yah idenya, mau coba bikin buat Andrew.

~s h i n t a~ said...

Go ahead Esther... hehehe ini mirip olahan kwetiauw goreng biasa kok...